Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Krebet (ADWI 2024)

Musafa 25 Juli 2024 11:13:09 WIB

Sendangsari, 20 Juli 2024 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, melakukan kunjungan ke Desa Wisata Krebet mengikuti jejak Desa Nglanggeran masuk ke daftar desa wisata terbaik dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Menparekraf untuk mendukung dan mempromosikan destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Desa Wisata Krebet terletak di Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain batik kayu, desa wisata ini juga memiliki daya tarik alam dan buatan, seperti Air Terjun Jurang Pulosari dan Sendang Tirta Waluya, yang merupakan salah satu sumber mata air tua Desa Wisata Krebet.

"Tahun lalu saya hadir di sini karena ekonomi kreatifnya Desa Krebet sudah mendunia. Pada 2021 produk ekonomi kreatifnya yakni batik kayu sudah masuk menjadi suvenir resmi dari event-event internasional yang pemerintah laksanakan seperti G20 dan lainnya," kata Menparekraf Sandiaga.

Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya atas usaha keras masyarakat Desa Krebet dalam mengembangkan potensi wisata desa. “Desa Wisata Krebet memiliki kekayaan budaya dan alam yang luar biasa. Ini adalah bukti nyata bahwa desa-desa di Indonesia memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata kelas dunia,” ujar Sandiaga.

Selama kunjungannya, Menparekraf mengunjungi beberapa spot wisata unggulan di Desa Krebet, termasuk galeri kerajinan batik kayu yang menjadi ciri khas desa ini. Ia juga berkesempatan untuk mencoba langsung proses pembuatan batik kayu dan berdialog dengan para perajin.

Untuk daya tarik seni dan budaya, Desa Wisata Krebet menawarkan pertunjukan Jathilan Tradisional Sri Mudha Budaya, Gajog Lesung, Merti Dusun Krebet, dan pagelaran wayang kulit.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) DIY, Gusti Kanjeng Ratu Bendara.

Komentar atas Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Krebet (ADWI 2024)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License