Profil Potensi Desa

Administrator 30 April 2014 17:23:24 WIB

1.1.  Kondisi Lingkungan dan Sumber Daya Alam

Lingkungan yang ada di Desa Sendangsari sudah tertata dengan cukup baik walaupun masih bisa dilihat ada beberapa infrastuktur jalan yang belum sempurna sampai ke tingkat pedukuhan. Ditinjau dari kondisi alamnya, sebagian besar wilayah pedukuhan di Desa Sendangsari berada di kawasan perbukitan yang pengairannya masih kurang atau bisa juga dikatakan lahan tadah hujan sehingga hanya cocok ditanami tanaman keras yang usia produktifnya harus menunggu lama. Sedangkan lahan yang ada dilingkungan pemukiman/perkampungan, disamping didirikan rumah untuk tempat tinggal juga hidup dan atau ditanami tanaman keras seperti pohon kelapa, jati, mahoni, serta pohon buah-buahan. Sumber Daya Alam yang ada di Desa Sendangsari berupa tambang material alam pasir progo dan batu putih karena wilayah Desa Sendangsari dilalui aliran Sungai Progo dan juga sebagian besar wilayah perbukitan batu kapur.

 

1.2.  Kondisi Tata Guna lahan

Tata Guna Lahan di Desa Sendangsari dibagi tiga yaitu:

1.2.1.  Wilayah untuk lahan permukiman berada di 18 Pedukuhan

1.2.2.  Wilayah untuk lahan pertanian berada di pedukuhan 1 sampai 11

1.2.3.  Wilayah untuk lahan tegalan berada di 18 dusun

 

  1. 2.        Perumahan, Sarana/Prasarana Permukiman dan Insfrastruktur Umum

2.1.  Kondisi Fisik Perumahan

Rata-rata penduduk di Desa Sendangsari yang sudah berkeluarga mampu mendirikan rumah untuk tempat tinggal mereka sekeluarga meskipun masih sederhana dengan bentuk dan type bangunan bervariasi tergantung tingkat ekonomi, ada yang sudah berbentuk bangunan permanen maupun yang masih berupa bangunan semi permanen. Sebagian besar penduduk Desa Sendangsari menempati satu rumah yang dihuni oleh dua kepala keluarga, karena rata-rata orang tua atau yang sudah jompo dirawat sekaligus tinggal bersama keluarga anaknya atau keluarga anak tinggal mengindung di rumah orang tua.  Kondisi permukiman di Desa Sendangsari hampir sebagian besar sudah bisa disebut layak huni dan memenuhi standar pendirian bangunan tempat tinggal. Namun masih ada juga beberapa kepala keluarga yang menempati rumah tinggal tidak layak huni dikarenakan keadaan ekonomi masih berada digaris kemisikinan yang memang tidak memungkinkan untuk membangun rumah layak huni. Ada sekitar 77 kepala keluarga yang menempati rumah atau bangunan permanen namun masih sederhana dan sangat minim fasilitas utama sebuah rumah hunian. Tata ruang bangunan di Desa Sendangsari juga masih jauh dari memadai dan atau teratur, dikarenakan tidak adanya program dari pemerintah daerah dalam hal penataan bangunan permukiman penduduk. Selain itu belum diaturnya tata ruang pendirian permukiman atau tempat tinggal dimasing-masing wilayah sehingga masyarakat atau penduduk membangun rumah hanya berdasar kepemilikan lahan yang sebagian besar berupa lahan pekarangan atau pertanian warisan orang tua, kadang tidak sesuai peruntukan untuk hunian namun karena tidak memiliki lahan selain hasil pembagian tadi terpaksa disitulah dibangun tempat tinggal.

 

2.2.  Jalan

Desa Sendangsari dilalui oleh Jalan Nasional yang menghubungkan Jalan Nasional lintas tengah (Jl. Wates) dengan Jl. Nasional lintas selatan (Jl. Srandakan) juga beberapa jalan kabupaten yang menghubungkan wilayah-wilayah yang ada di Desa Sendangsari dengan wilayah-wilayah kelurahan dan atau kecamatan yang berbatasan dengan Desa Sendangsari. Pada umumnya kondisi jalan-jalan di Desa Sendangsari sudah baik dengan konstruksi aspal, dan konstruksi corblock untuk jalan-jalan lingkungan di pedukuhan walaupun masih ada beberapa yang sudah rusak terutama jalan-jalan yang ada di wilayah perbukitan karena memang kontur tanah yang labil serta kurangnya pemeliharaan.

 

2.3.  Pelayanan Jaringan Utilitas

2.3.1.      Kondisi Jaringan Drainase

Jaringan drainase yang terdapat di Desa Sendangsari masih banyak yang belum sempurna dan bahkan ada yang belum dibangun sehingga apabila terjadi  hujan lebat akan terjadi banyak genangan air dan kadang bisa memakan waktu lama untuk bisa meresap dan kering. Jikapun ada saluran drainase itupun hanya berupa selokan-selokan kecil yang tidak tertata dan terawat.

 

2.3.2.      Kondisi Jaringan Listrik

Untuk jaringan listrik wilayah Desa Sendangsari hampir seluruh wilayah telah teraliri melalui jaringan PLN yang sudah sampai ke wilayah-wilayah pedukuhan. Sehingga semua penduduk sudah menggunakan listrik baik sebagai penerangan maupun untuk keperluan rumah tangga lainnya serta untuk mendukung kegiatan-kegiatan ekonomi produktif.

 

2.3.3.      Kondisi Jaringan Telepon

Wilayah Desa Sendangsari masih terbatas dan belum bisa memanfaatkan secara penuh fasilitas telepon, jaringan telepon baru menjangkau wilayah yang hanya dilalui oleh jaringan induk yang saat ini baru sepanjang jalan protokol (Jl. Sedayu) sehingga akses penduduk Desa Sendangsari untuk berkomunikasi dengan dunia luar mayoritas masih menggunakan telepon seluler (HP). Memang untuk jangkauan telepon seluler sudah bisa dinikmati diseluruh wilayah karena beberapa Base Transciever System (BTS) dari beberapa operator telah dibangun di wilayah Desa Sendangsari.

 

2.4.  Pelayanan Air Bersih, Sanitasi dan Persampahan

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari penduduk Desa Sendangsari mengandalkan dari sumber air tanah melalui sumur-sumur yang dibuat di lingkungan rumah tempat tinggal. Sehingga untuk daerah perbukitan jika memasuki musim kemarau sering mengalami kendala karena sumur-sumur air berkurang debitnya atau bahkan menjadi kering. Layanan air bersih dari PDAM belum bisa menjangkau seluruh wilayah Sendangsari karena masih terbatasnya insfrastruktur.

Jaringan sanitasi juga masih sederhana tetapi sudah mengikuti ataupun sesuai dengan aturan maupun standar kesehatan dalam membangun sanitasi yang dianjurkan pemerintah.

Demikian juga dengan pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga masih sangat sederhana dan terkesan apa adanya dengan hanya dibuatkan lubang-lubang galian tanah untuk membuang sampah dan limbah rumah tangga. Dalam tabel berikut dijelaskan tentang sebaran kondisi maupun pemanfaatan air bersih, sanitasi, dan pengelolaan sampah serta limbah rumah tangga yang ada di Desa Sendangsari.

 

2.5.  Ruang Terbuka Hijau

          Untuk wilayah Desa Sendangsari secara khusus belum tersedia insfrastruktur ruang terbuka hijau dikarenakan sebagian besar tanah kas desa berupa lahan pertanian. Saat ini yang bisa dimanfaatkan untuk ruang terbuka hijau adalah tanah lapang dan atau lapangan olah raga yang bisa digunakan untuk mengadakan kegiatan olah raga maupun kegiatan umum lainnya. Sehingga secara tidak langsung peruntukannya juga terganggu dan belum bisa disebut sebagai ruang terbuka hijau. Berikut dalam tabel dijelaskan potensi ruang terbuka hijau yang tersedia di wilayah Desa Sendangsari dan bisa dimanfaatkan maupun nantinya dikembangkan untuk menjadi ruang terbuka hijau yang sebenarnya.

 

2.6.   Fasilitas Umum

Fasilitas umum yang ada di wilayah Desa Sendangsari diantaranya adalah fasilitas pendidikan, kesehatan, peribadatan, olah raga, bangunan/gedung serbaguna dan pusat perekonomian rakyat.

 

2.6.1.      Fasilitas Pendidikan

Di wilayah Desa Sendangsari sudah tersedia fasilitas pendidikan formal mulai dari PAUD sampai dengan sekolah menengah pertama dan pendidikan non formal serta panti asuhan juga fasilitas pendidikan khusus untuk penyandang disabilitas. Tabel berikut memperlihatkan sebaran fasilitas pendidikan yang berada di wilayah Desa Sendangsari

 

2.6.2.  Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan yang ada di wilayah Desa Sendangsari masih sangat kurang karena baru terdapat posyandu, puskesmas, klinik pengobatan, serta bidan praktek. Untuk mengakses fasilitas kesehatan yang lebih lengkap dan dan moderen seperti Rumah Sakit penduduk Desa Sendangsari harus ke kota kabupaten. Meskipun secara umum tidak ada gangguan kesehatan yang berskala besar (semisal wabah penyakit) namun hal tersebut  perlu diwaspadai juga. Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal tersebut, sarana kesehatan yang lebih lengkap dan modern seperti Rumah Sakit perlu dibangun untuk memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan penduduk di wilayah Desa Sendangsari dan desa-desa terdekat. Dalam tabel di bawah ini dijelaskan jumlah serta sebaran fasilitas kesehatan yang ada di Desa Sendangsari.

 

2.6.3.      Fasilitas Perekonomian dan Perdagangan

      Fasilitas perekonomian dan perdagangan yang ada di Desa Sendangsari belum bisa dikatakan memadai terutama perekonomian dan perdagangan rakyat misal pasar maupun sentra-sentra perekonomian. Di dalam tabel dibawah ini bisa dilihat fasilitas perekonomian dan perdagangan yang ada di wilayah Desa Sendangsari.

 

  1. Fasilitas Tempat Peribadatan

Tempat peribadatan di wilayah Desa Sendangsari sudah memadai karena disetiap pedukuhan setidaknya sudah ada masjid dan musholla karena memang penduduknya mayoritas muslim. Berikut ini digambarkan sebaran tempat peribadatan yang ada di Desa Sendangsari.

 

Tabel 18

Fasilitas Peribadatan di Desa Sendangsari

No.

Pedukuhan

Masjid

Mushola

Gereja

Kelenteng

Wihara

1

Benyo

2

2

-

-

2

Jetis

1

2

-

-

3

Panjangan

1

1

-

-

4

Kayen

2

3

-

-

5

Beji Wetan

1

1

-

-

6

Beji Kulon

2

2

-

-

7

Gupakwarak

1

4

-

-

8

Dadapbong

1

2

-

-

9

Krebet

1

2

-

-

10

Kabrokan Wetan

1

1

-

-

11

Kabrokan Kulon

1

1

-

-

12

Kamijoro

2

2

1

-

13

Kunden

1

2

-

-

14

Manukan

2

1

-

-

15

Jaten

1

1

-

-

16

Mangir Lor

1

1

-

-

17

Mangir Tengah

-

3

-

-

18

Mangir Kidul

-

2

-

-

 

Jumlah

21

32

-

-

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Wiwit Agung Desa Sendangsari

Pengambilan Sumpah Jabatan Pamong Baru, 2017

Visi Misi Lurah Desa Sendangsari

Mars Sendangsari

Pengumuman

...web ini masih terus kami kembangkan, sila kritik dan saran diberikan kepada kami....

Kalender