Wilayah Desa

Administrator 29 Juli 2013 17:05:37 WIB

Desa Sendangsari merupakan bagian terintegrasi dari wilayah Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Sendangsari memiliki wilayah seluas 1.307.105,00 Ha/m2 yang secara administratif pemerintahan desa terbagi dalam 18 Pedukuhan, dengan jumlah penduduk sekitar  10.581 Orang.

 

 

1.1.  Kondisi Umum Desa Sendangsari.

1.1.1.      Batas Wilayah

Batas-batas wilayah Desa Sendangsari adalah sebagai berikut,

  • Sebelah Utara        : Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan.
  • Sebelah Selatan      : Desa Triharjo, Kecamatan Pandak
  • Sebelah Barat         : Sungai Progo, Kabupaten Kulon Progo
  • Sebelah Timur        : Desa Wjirejo, Kecamatan Pandak

 

1.1.2.  Luas wilayah

Wilayah Desa Sendangsari yang memiliki luas wilayah sekitar 1.307.105,00 Ha/m2 dengan rincian luasan lahan seperti tabel 1 di bawah ini.

Tabel. 1

Pemanfaatan Lahan Wilayah Desa Sendangsari

No.

Penggunaan Tanah

 
 
  1.  

Kampung

 

  1.  

Kebun Campuran

 

  1.  

Sawah

 

  1.  

Tegalan

 

  1.  

Hutan

 

  1.  

Tanah Tandus

 

  1.  

Object Wisata

 

  1.  

Industri

 

  1.  

Lembaga Pendidikan

 

  1.  

Fasilitas Pemerintah

 

  1.  

Lain-lain

 

 

Jumlah

 

 

1.2.  Keadaan Topografi Desa Sendangsari

Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul terletak di Wilayah Bantul bagian barat, dengan kondisi topografinya dataran tinggi dengan ketinggian + 100m dpl. Kawasan Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul merupakan 70% daerah perbukitan  dan 30% dataran rendah.

 

1.3.  Keadaan Hidrologi Desa Sendangsari

Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul dilalui oleh saluran pengairan Bendung Kadisono dan Bendung Ewon yang baru saja selesai dibangun pada tahun 2015. Kedua bendung ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air pertanian, perikanan dan air tanah sehingga  perkembangan sektor pertanian dan perikanan bisa maksimal. Pembangunan kedua bendung ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan irigasi pertanian  dengan kebutuhan masing-masing desa kira-kira Desa Guwosari 15 Hektar, Desa Wijirejo 11 Hektar dan Desa Sendangsari 65 Hektar.

 

1.4.  Keadaan Geologi Desa Sendangsari

Wilayah Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul secara umum merupakan satuan dataran tinggi dengan kondisi tanah liat dan sebagian besar  perbukitan.

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License