Sosialisasi Pemanfaatan Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Media Tanam Oleh KKN PPM UGM

30 Januari 2021 20:17:35 WIB

Penumpukan limbah plastik merupakan masalah umum yang terjadi di lingkungan perkotaan maupun pedesaan. Plastik kresek yang tidak terpakai sebenarnya dapat dimanfaatkan menjadi produk lain yang berguna daripada dibuang menjadi sampah. Salah satu produk dari pemanfaatan limbah plastik kresek adalah Mediokres. Mediokres adalah media tanam berbahan dasar limbah plastik. Mediokres ini memiliki fungsi sebagai pengganti media untuk menanam tanaman dalam pot. Alat dan bahan untuk membuat mediokres sangat mudah untuk didapatkan sehingga semua orang dapat membuat produk ini, antara lain plastik kresek, pupuk cair, ember, gunting, lilin, dan jarum.Kelebihan dari Mediokres adalah mudah dibuat, praktis, murah, tidak perlu sering menyiram tanaman, dan terkesan lebih bersih daripada menggunakan media tanah. Mediokres dapat diguakan sebagai media untuk berbagai jenis tanaman. Namun untuk tanaman yang hasil panennya digunakan untuk konsumsi, tidak dianjurkan untuk menggunakan media ini karena bahan kimia dari plastik dapat ikut terserap kedalam tanaman dan berbahaya jika dikonsumsi manusia.

Sosialisasi mengenai pengolahan limbah plastik menjadi media tanam dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2021 dengan sasaran warga Dusun Panjangan. Sosialisasi  ini dilakukan secara daring melalui grup WhatsApp warga. Selain menjelaskan dalam bentuk tulisan, mahasiswa KKN juga memberikan video dan poster untuk memudahkan kegiatan sosialisasi.

 

Dokumen Lampiran : Poster Cara Membuat Mediokres


Komentar atas Sosialisasi Pemanfaatan Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Media Tanam Oleh KKN PPM UGM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License