KKN UGM Mengadakan Sosialisasi Minuman Olahan dari Serai Untuk Meningkatkan Imunitas

27 Januari 2021 09:24:26 WIB

Pandemi Covid menjadi sebuah reminder bagi kita bahwa kesehatan tubuh adalah hal yang sangat penting. Di era New Normal ini sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi pangan yang kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan adalah suatu senyawa yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu tanaman yang kaya akan antioksidan adalah tanaman serai. Tanaman ini dikenal kayak akan senyaw antioksidan fenol sehingga pengkonsumsian serai dalam minuman olahan dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam kondisi yang optimal.

Pada Minggu, 17 Januari yang lalu, teman-teman dari KKN PPM-UGM dari Sub-Unit Panjangan melaksanakan sosialisasi secara daring mengenai manfaat serta cara pembuatan minuman olahan dari tanaman serai yaitu serai jeruk nipis dan teh jahe serai. Sosialisasi dilakukan di dalam Grup Whatsapp PKK Panjangan yang mana terdiri dari ibu-ibu Dusun Panjangan. Sosialisasi dimulai dengan pemaparan singkat dan publikasi output berupa poster dan video tutorial dari tim KKN PPM UGM mengenai topik yang dibicarakan kemudian selanjutnya dipersilahkan warga untuk memberikan tanggapan. Selanjutnya juga diadakan sesi tanya jawab yang mana warga terlihat antusias untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Beberapa warga juga langsung memraktekan pembuatan minuman serai olahan di kemudian hari dan dishare di Grup Whatsapp. Adapun harapan dari tim yaitu agar warga terutama ibu-ibu PKK Panjangan dapat memahami manfaat dari menjadikan serai sebagai salah satu pangan yang dapat menyokong imunitas tubuh sehingga dapat menurunkan potensi terkena Covid-19.

Untuk video tutorial pembuatan minuman serai dapat disaksikan melalui link berikut :

https://youtu.be/krEPIFdQubs

Dokumen Lampiran : Poster Minuman Olahan Serai


Komentar atas KKN UGM Mengadakan Sosialisasi Minuman Olahan dari Serai Untuk Meningkatkan Imunitas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License