Ayo Bersama Cegah Stunting!

M. Ridho Adisaputro 20 Januari 2021 15:52:43 WIB

Sosialisasi terkait pencegahan stunting dilakukan oleh mahasiswa UGM yang sedang melaksanakan KKN PPM UGM di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Sosialisasi yang dilaksanakan secara online ini merupakan bagian dari pencerdasan kepada ibu hamil (bumil) atau calon ibu untuk mencegah terjadinya stunting.

Indonesia termasuk kedalam negara ketiga dengan prevalensi tertinggi di regional Asia Tenggara dengan rata-rata prevelensi balita stunting pada tahun 2005 hingga 2017 adalah 36,4%. Pada tahun 2019, jumlah per kasusnya turun menjadi 27,67%. Hal ini memang menjadi perhatian pemerintah yang mana mengingat World Health Organization (WHO) menetapkan angka toleransi minimum yang lebih rendah daripada angka yang didapatkan oleh Indonesia. Sehingga pada tahun 2021, pemerintah menargetkan penurunan angka tersebut menjadi 21,1%.

Edukasi mengenai stunting penting untuk dilakukan sebagai bagian dari peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk dapat dijadikan salah satu aset dalam memajukan bangsa Indonesia. Hal ini sejalan dengan cita-cita bangsa untuk dapat memberikan yang terbaik bagi pembangunan Indonesia. Dengan sinergisitas antar bagian yang memiliki peran disini, maka masalah seperti ini dapat diselesaikan bersama.

Dokumen Lampiran : Ayo Cegah Stunting


Komentar atas Ayo Bersama Cegah Stunting!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License