Hari Cuci Tangan Sedunia

atin 15 Oktober 2020 15:08:41 WIB

Momen hari cuci tangan sedunia pertama kali dicetuskan pada 15 Oktober 2008 oleh Global Handwashing Patnership.

Tahun ini perayaan hari cuci tangan berlangsung ditengah pandemi virus corona yang tengah melanda Indonesia dan berbagai negara di dunia. Pencegahan melalui cuci tangan dengan sabun adalah metode yang mudah tapi juga efektif dan efisien menangkal penyakit. Cuci tangan dengan sabun menjadi ajakan yang gencar digaungkan oleh pemerintah. Ajakan untuk menjaga kebersihan melalui cuci tangan dengan air mengalir dan sabun pun, menjadi kian relevan. Meski sejak awal cuci tangan adalah praktik sehat yang dapat membantu kita menyingkirkan kuman dari permukaan tangan.

Terdapat ketentuan agar kuman dipermukaan tangan kita tersingkir, tentunya dengan mengikuti anjuran cuci tangan yang benar. Pertama, mulailah dengan membersihkan bagian atas tangan. Kemudian bersihkan punggung tangan, ujung jari, ibu jari, telapak tangan, pergelangan tangan dan bagian atas tangan. Gosok tangan dengan sabun, lalu bilas dengan air mengalir dan kemudian keringkan tangan. Dibutuhkan sekitar 20 detik untuk mencuci tangan dengan benar.

Namun jika sedang dalam perjalanan dan memiliki akses terbatas terhadap air, maka kita dapat menggunakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

Komentar atas Hari Cuci Tangan Sedunia

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License