Sendang Ngembel

M. Ridho Adisaputro 13 Agustus 2019 09:30:54 WIB

Sendang Ngembel adalah sebuah kolam yang diameternya sekitar 50 meter dengan kedalaman antara 0,5-4 meter. Warga menamainya Sendang Ngembel karena dahulu di sendang ini airnya bercampur dengan lumpur. Pada sisi barat dan selatan Sendang Ngembel ini terdapat pintu air yang digunakan untuk mengatur suplai air ke saluran irigasi sawah masyarakat sekitar.

Sendang Ngembel ini berlokasi di Dusun Beji Wetan, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota Yogyakarta

Sendang Ngembel ditemukan pertama kali oleh seorang janda bernama Nyai Sariti Beliau merupakan salah satu warga yang tinggal tidak jauh dari sendang ini berada. Temuan beliau ini sangat membantu kehidupan warga setempat terutama dalam pemenuhan kebutuhan air.

Dulu tempat ini identik dengan tempat yang sedikit sakral tapi semakin perkembangan jaman dan pola pikir masyarakat sekitar yang semakin maju maka sekarang tempat ini disulap menjadi tempat wisata yang lumayan bagus untuk dikunjungi. Untuk fasilitas di sendang ini sudah lengkap mulai dari toilet umum,tempat parkir ataupun warung sederhana yang dikelola oleh penduduk sekitar sendang.

Mengunjungi sendang ini lebih baik saat pagi atau menjelang sore hari. Saat pagi, cuaca masih cerah dan udaranya segar. Selain itu tempat ini juga masih sepi, jadi kamu bisa lebih menikmati keindahannya. Tapi, kalau kamu datang saat masih pagi, warung yang ada di sekitar sendang biasanya masih belum buka, kecuali saat akhir pekan.

Tunggu apa lagi, mari berkunjung ke Sendang Ngembel!

 

Sendang Ngembel

Beji Wetan, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Link Google Maps: https://goo.gl/maps/CnSQ9QhqWk1PLsxEA

Komentar atas Sendang Ngembel

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Lestari Budaya

Desa Wisata Krebet

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Selamat Jalan Bp. Muh. Irwan S, S.T

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License