Jembatan Sesek Ngringin

M. Ridho Adisaputro 13 Agustus 2019 09:25:04 WIB

Jembatan Sesek Ngringin atau Mangir merupakan salah satu jembatan bambu (sesek) yang dibangun untuk menghubungkan dua wilayah kabupaten yaitu kabupaten Bantul dan kabupaten Kulon Progo melalui Sugai Progo.

Jembatan bambu ini terletak di Dusun Mangir, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Awalnya jembatan ini dibuat untuk mempermudah para warga untuk melintasi sungai menggunakan kendaraan bermotor daripada harus jalan memutar jauh-jauh melewati jembatan Srandakan-Brosot yang memakan waktu lebih lama, namun jembatan ini sudah mulai terkenal dan dikunjungi oleh banyak wisatawan sebagai tempat berfoto-foto

Jembatan bambu ini hanya beroperasi ketika memasuki musim kemarau dan saat musim penghujan digantikan dengan rakit penyebrangan, karena dapat berpotensi hanyut terbawa arus sungai.

Konstruksi Jembatan Sesek Ngringin Mangir hampir sama dengan Jembatan Sesek Manukan-Ngentarejo yang ada disebelah utaranya. Bedanya adalah jembatan sesek ini tidak diberi pengaman pagar seperti jembatan sesek yang ada sebelah utaranya tersebut. Warga sekitar beralasan ketiadaan pagar adalah ciri dari jembatan sesek Sungai Progo di daerah Mangir. Setiap tahun desain jembatan sesek tidak mengalami perubahan untuk mempertahankan ciri khas dari jembatan bambu tersebut.

Layaknya jembatan lain yang terbuat dari bambu, jembatan ini juga dibangun dengan modal desa seperti iuran sebesar Rp. 2000,- ketika pengunjung ingin menyeberangi jembatan dan uang parkir, serta beberapa bantuan dari pemerintah.

Tunggu apa lagi, mari berkunjung ke Jembatan Sesek Ngringin!

 

Jembatan Sesek Ngringin

Mangir Lor, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Link Google Maps : https://goo.gl/maps/fd3Z7iZFjQgxBBJw9

Komentar atas Jembatan Sesek Ngringin

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Lestari Budaya

Desa Wisata Krebet

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Selamat Jalan Bp. Muh. Irwan S, S.T

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License