Petilasan Ki Ageng Mangir

M. Ridho Adisaputro 08 Agustus 2019 18:59:27 WIB

Sebuah perkampungan tua di Desa Sendangsari menyimpan misteri akan sejarah spiritual yang mengagumkan. Adalah Petilasan Ki Ageng Mangir, cagar budaya menarik yang masih belum dikenal dengan baik oleh khalayak umum. Berawal dari tanah bebas upeti dan pajak (perdikan) yang dipimpin oleh Ki Ageng Mangir dan keturunannya, kini Petilasan Ki Ageng Mangir menjadi objek wisata yang indah dengan suasana pedesaan yang nyaman.

Ki Ageng Mangir adalah ikon dari tempat wisata ini. Merupakan keturunan dari silsilah raja Majapahit, Ki Ageng Mangir menjaga daerah ini selama ratusan tahun dari penguasaan Kerajaan Mataram Islam. Perbedaan kepercayaan adalah akar permasalahannya. Walau Panembahan Senopati dari Kerajaan Mataram Islam mencoba sekeras apapun, kesaktian dari Ki Ageng Mangir membuatnya gagal dan gagal menaklukan tanah ini.

Petilasan Ki Ageng Mangir terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ini dapat ditempuh sekiranya 1 jam dari pusat kota Yogyakarta, sehubungan dengan lokasinya yang masih jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang penat.

Tempat wisata ini telah ada sejak tahun 1900-an, namun belum terawat dengan baik. Hingga pada suatu saat ketika seseorang bernama Mbah Bali turun tangan untuk mengelola lokasi wisata ini. Tempat wisata ini juga diminati pendatang karena suasana yang sangat nyaman untuk melepas rasa penat. Kesejukan pepohonan yang rindang membuat angin yang berhembus terasa segar. Selain untuk berwisata, beberapa pengunjung beragama Hindu datang untuk beribadah. Hampir semua Presiden Republik Indonesia pun pernah berkunjung setidaknya sekali dalam periode menjabatnya.

Tunggu apa lagi, mari berkunjung ke Petilasan Ki Ageng Mangir!

 

Petilasan Ki Ageng Mangir

Mangir Tengah, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Link Google Maps: https://goo.gl/maps/u4yv43Wwq7Yj9W6u7

Komentar atas Petilasan Ki Ageng Mangir

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Lestari Budaya

Desa Wisata Krebet

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Selamat Jalan Bp. Muh. Irwan S, S.T

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License