Pembayaran Pajak Bumi Bangunan Masyarakat Desa Sendangsari 2019 (per 31 Juli 2019)

02 Agustus 2019 14:05:00 WIB

Desa Sendangsari adalah salah satu Desa di kecamatan Pajangan. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, masyarakat diwajibkan untuk membayar pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Kecamatan Pajangan diberikan deadline jatuh tempo oleh Pemda Bantul untuk pembayaran PBB tanggal 31 Juli 2019 setiap tahunnya. PBB ini digunakan untuk pembiayaan pembangunan negara. Devisa terbesar Negara adalah penerimaan dari sektor pajak. Untuk memaksimalkan penarikan PBB, Pemerintah Desa Sendangsari memberikan reward (hadiah) bagi Dusun yang pembayaran PBB warganya lebih dari 90% sebelum jatuh tempo.

Tagihan PBB, setiap awal tahun diberikan kepada Desa, kemudian didistribusikan oleh Dukuh-Dukuh kepada Subyek Pajak. dahulu, PBB di tingkat Desa dikomadoi oleh Kaur Keuangan, namun mulai tahun 2019, sesuai regulasi yang ada, dikomandoi oleh Kepala Seksi Pemerintahan (KasiPem), yaitu bapak Drs. Sugiman. Team PBB di Tingkat Desa adalah Kasipem, Carik Zuchri Saren Satrio, Kaur Keuangan Pandam Pranawa dan Staf Kasi Pemerintahan Kholisantoro. Team ini berada dalam kontrol Lurah Desa Sendangsari, M. Irwan Susanto, ST.

Efek reward PBB ternyata cukup signifikan untuk menaikan prosentase. Reward yang diberikan Pemerintah Desa yaitu berupa tambahan Program Kegiatan di Dusun masing-masing dengan maksimal anggaran 30% dari total tagihan pajak tiap dusun yang lebih dari 90% tingkat pembayarannya. reward akan diberikan ditahun berikutnya.

Di dalam foto, tampak prosentase pembayaran pajak tiap Dusun. bagi yang lebih dari 90%, reward akan diberikan pada tahun 2020. Silahkan menghubungi Dukuh masing-masing untuk merumuskan usulan program untuk tahun 2020, namun usulan tersebut tidak boleh lepas dari Rencana Pembangunan jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun 2014-2020.

Komentar atas Pembayaran Pajak Bumi Bangunan Masyarakat Desa Sendangsari 2019 (per 31 Juli 2019)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License