Warga Mangir Melaksanakan Lagi Merti Dusun Tahun Ini.

19 September 2018 12:30:46 WIB

Masyarakat Mangir akan melaksanakan Kegiatan Merti Dusun tahun ini. Merti Dusun kali ini mengambil tema "Mikul Dhuwur, Mendhem Jero Ki Ageng Mangir". Merti Dusun Mangir adalah kegiatan rutinan yang dilaksanakan setiap Bulan Suro (Muharram) dengan mengambil hari Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon pertama di bulan suro. Tahun ini, Selasa Kliwon jatuh pada tanggal 2 Oktober, sehingga prosesinya inti dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober. berikut susunan acara Merti Dusun Mangir 2018 :

  • 30 September 2018   : Ziarah ke Makam Ki Ageng Mangir di Sorolaten Godean (Pukul 13.00) tempat kumpul Petilasan Ki Ageng Mangir (Dusun Mangir Tengah, Sendangsari, Pajangan)
  • 1 Oktober 2018         : "Nunggal Tirto Suci" yaitu Ritual pengambilan air dari 7 sumber mata air oleh 7 Perjaka. Air ini kemudian dijadikan satu dasn digunakan untuk melakukan Jamasan Selo Gilang. Dimulai pukul 15.30-selesai. Start di Masjid Fathul Huda Mangir Lor.

                                         : Kirab Gunungan 3 Dusun, Start Pukul 18.30 di Halaman Masjid Fathul Huda Dusun Mangir Lor Finish di Petilasan Ki Ageng Mangir (Dusun Mangir Tengah). 

                                         : "Jamasan Selo Gilang" yaitu kegiatan Ritual melakukan jamasan Batu Gilang. kegiatan ini dilaksanakan setelah Kirab Gunungan. Dilaksanakan mulai pukul 21.00-selesai di Petilasan Ki Ageng Mangir.

                                         : "Umbul Donga" Pengajian yang dilakukan pasca Ritual Jamasan Selo Gilang.

  • 2 Oktober 2018         : Pentas Seni Potensi Mangir, diantaranya Tari Anak-anak dan Karawitan dari Sanggar Nareswari, Jatilan Gagar Remang, Gejog Lesung dari kelompok "Swara Mangungkung", Macapat, Hadrah "Fathul Huda". Dilaksanakan di Angkringan Mbah Emte, RT 03 Mangir Lor, mulai pukul 19.00
  • 3 Oktober 2018         : Pentas Ketoprak "Gilang Mudo Budhoyo" di Rumah Bapak Dukuh Mangir Lor, mulai pukul 19.00-selesai
  • 5 Oktober 2018         : "Jamasan Nunggal Banyu", Ritual membersihkan semua peninggalan Batu yang ada di Mangir. Dimulai pukul 13.00-selesai, dengan titik kumpul Petilasan Ki Ageng Mangir, Dusun Mangir Tengah.

                                         : Pagelaran Wayang Kulit dengan Dalang Ki Bambang Nugroho. Dilaksanakan di Rumah Bapak Dukuh Mangir Lor, mulai pukul 19.30-selesai

  • 6 Oktober 2018         : Festival Gudeg Manggar dan Launching Buku Ki Ageng Mangir di Kompleks Ngancar, Dusun Mangir Kidul (RM. Legokan Ngancar dan RM. Ndalem Saryantan), dimulai puklul 09.00-selesai.
  • 7 Oktober 2018         : Pentas Reog Wayang Orang "Gagak Remang" Mangir. dilaksanakan di Depan Rumah Bapak Dukuh Mangir Lor, mulai pukul 13.00-selesai.
  • 14 Oktober 2018       : Jalan Sehat Warga Mangir, start Rumah Bapak Dukuh Mangir Lor dan finis di Sanggar Megadsari Mangir Tengah. dimulai pukul 07.00-selesai.

                                         : Festival Dolanan Tradisional Anak di Sanggar Megadsari, Dusun Mangir Tengah, mulai pukul 13.00-selesai

Komentar atas Warga Mangir Melaksanakan Lagi Merti Dusun Tahun Ini.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License