Pemerintah Desa Menyerahkan Kukang Jawa kepada BKSDA

Administrator 11 September 2018 22:05:57 WIB

Sendangsari, 11 September 2018. Tim Quick Response (QR) Balai KSDA Yogyakarta kembali merespon laporan warga terkait penemuan satwa liar dilindungi. Berawal dari laporan Sekretaris Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul, Satrio mengenai penemuan kukang jawa (Nycticebus javanicus), tim QR Balai KSDA segera menindaklanjutinya dan meluncur ke lokasi.

Dari pengumpulan data di lapangan, diketahui kronologis penemuan kukang jawa tersebut sebagai berikut : Suparman warga Mangir Lor RT 02, Sendangsari, Pajangan, Bantul (5/9/18) menemukan satwa jenis kukang jawa. Lokasi ditemukan jaraknya tidak jauh dari rumah Suparman sekitar 1 km. Lokasi penemuan masih berupa hutan rakyat luas sekitar 2 ha. Sementara satwa kukang jawa tersebut dirawat, selanjutnya Suparman berinisiatif melakukan komunikasi dengan Satrio (dulu pernah ikut dalam organisasi LSM Javlec sekarang menjabat sebagai sekdes Sendangsari). Setelah mengetahui bahwa satwa kukang jawa dilindungi undang-undang, Satrio langsung melaporkan kejadian tersebut melalui Quick Response Balai KSDA Yogyakarta (6/9/18). Menindaklanjuti informasi tersebut petugas Balai KSDA Yogyakarta langsung melakukan koordinasi dengan Satrio guna memastikan kebenaran laporan yang telah disampaikan.

Hasil koordinasi yang dilakukan menunjukkan informasi yang valid kemudian di hari yang sama petugas langsung menuju lokasi dimana satwa kukang itu diselamatkan. Sesampainya di lokasi, petugas langsung ditemui oleh Kepala Desa Sendangsari,Muh. Irwan Susanto, ST yang secara simbolis menyerahkan satwa kukang yang ditemukan tersebut kepada Kanit Polhut SKW II Balai KSDA Yogyakarta, Hari Purnomo.

Sebelum penyerahan dilaksanakan, petugas Quick Response Balai KSDA Yogyakarta, memberikan sedikit penjelasan terkait tugas fungsi Balai KSDA Yogyakarta, status satwa kukang tersebut, serta kelengkapan administratif terkait penyerahan satwa.

Komentar atas Pemerintah Desa Menyerahkan Kukang Jawa kepada BKSDA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License