Peringatan hari jadi Desa Sendangsari Ke-71

Administrator 01 Februari 2018 23:41:56 WIB

Puncak peringatan Hari Jadi Desa Sendangsari diperingati dengan upacara Adat oleh jajaran Pamong Desa Sendangsari,(23/11/2017) siang. Upacara diikuti pejabat Muspika Kecamatan Pajangan, tokoh agama, berbagai elemen masyarakat dan  warga dilaksanakan dengan tata cara adat jawa.

Seluruh petugas dan peserta upacara mengenakan busana adat jawa gagrak mataraman sehingga suasana upacara mental dengan budaya Jawa. Selain itu, dalam pelaksanaannya, upacara juga menggunakan bahasa Jawa.

Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih hadiri Upacara Adat Jawa dalam rangka memperingati HUT Ke 71 Desa Sendangsari bertema “Makaryo Bangun Desa Menuju Desa Mandiri dan Budaya” di lapangan Kamijoro Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Kamis siang (23/11/2017).

Dalam arahannya Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih menyampaikan, “Pemerintah Kab. Bantul mengucapkan selamat kepada jajaran pemerintah Desa Sendangsari dan warga masyarakat yang tengah merayakan hari jadi Desa ke 71. Semoga dengan bertambahnya usia nantinya Pemerintah Desa dan seluruh warga Sendangsari akan semakin dewasa dan Pemerintah Desa Sendangsari dapat lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.” 

“Kami mengajak kepada seluruh masyarakat Sendangsari untuk menangkap peluang dengan secara aktif membangun komunikasi dengan Pemerintah Daerah dalam rangka menggali potensi alam,seni dan budaya. Apresiasi serta menghaturkan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat yang sudah berkomitmen serta kreatifitas dalam rangka mempertahankan dan nguri-uri budaya yang Adiluhung. Tanpa budaya lokal Indonesia tidak memiliki identitas jelas dimata dunia, Budaya sebagai identitas Bangsa untuk itu budaya lokal harus terus dijaga keaslian maupun kepemilikannya”, katanya. 

Upacara Adat Jawa ini bertindak selaku Irup Camat Pajangan Yulius Suharta S.Sos , Komandan Upacara Kasipem Desa Sendangsari Sugiman S.pd, Perwira Upacara Babinkamtibmas sendangsari Aiptu Tetepana. Peserta Upacara adat terdiri dari 18 Dusun Desa Sendangsari dan diikuti Dukuh, LPMD, BPD, Ketua RT, Karang Taruna Seta Jalanidhi Timur Desa Sendangsari, KKN Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta serta warga masyarakat Sendangsari ± 700 orang. Acara dimeriahkan oleh Kelompok Karawitan Dusun Beji Kulon dan paduan suara Ibu PKK Dusun Jetis. 

Hadir dalam acara ini DPRD DIY Joko Purnomo, SE, MM, DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S.Psi, Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H., Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Purwanto, Kepala Puskesmas Pajangan Dr. Lucia Sri Rejeki, MPH, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Carik Desa Guwosari H. Walidan, Kepala Sekolah SMP 1 Pajangan Murjito, S.Pd, KP (Unit Kerja Presiden) Pembinaan Idiologi Pancasila Bpk. Diasma Sande Swandaru dan Deni Saputra, perwakilan instansi dan tamu undangan.  

Diakhir acara dilakukan penyerahan Surat Keputusan untuk 91 Ketua RT se Desa Sendangsari oleh Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST. 

Salam. Semangat Makaryo Bangun Desa!

Komentar atas Peringatan hari jadi Desa Sendangsari Ke-71

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License