Menjaga Tradisi, Puluhan Pemuda Takbiran di Masjid Fathul Huda Mangir Semalaman.

01 September 2017 08:14:36 WIB

Sudah menjadi tradisi, Puluhan Pemuda Mangir takbiran di Masjid semalam suntuk. Tradisi ini telah berlangsung puluhan tahun, sejak Masjid Mangir Berdiri tahun 1981. Setiap malam Idul Fitri dan Idul Adha, kegiatan takbiran semalaman ini berlangsung. 

Kegiatan Takbiran ini dimulai bakdal Mahrib hingga Sholat Hari Raya dilakukan. Untuk memeriahkan kegiatan, berbagai kegiatan sisipan dilakukan, seperti takbir keliling Kampung dengan anak-anak TPA. Takbir keliling ini di mulai pukul 19.30 hingga pukul 21.00 dengan menempuh jarak sekitar 3km. 

Setelah takbir keliling kampung dilaksanakan, semua berkumpul di serambi Masjid. Tua, muda, anak-anak dan ibu-ibu bersama menyerukan Takbir, memuji nama-Nya. Tidak lupa, diselingi dengan menyantap snack sumbangan dari warga. 

Tradisi ini terus dijaga oleh Pemuda dan warga Mangir sebagai bagian dari kehidupan warga Mangir yang sebagian besar adalah warga NU. 

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Takmir Masjid Fathul Huda Mangir, Bapak Tarjiyono, Bapak Sarjono (Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI)), Ketua Remais (Teguh), Lhalha Setiyawan (Ketua 2 Karang Taruna Desa Sendangsari), tokoh masyarakat dan ratusan warga Mangir. 

Menuju tengah malam, biasanya hanya puluhan Pemuda yang bertahan untuk terus bertakbir. 

Dalam wawancaranya dengan penulis, Lhalha Setiawan menyatakan akan terus menjaga tradisi seperti ini. "Ini adalah tradisi positif mas. Kita akan terus menjaga tradisi, terus akan bersyiar dan selalu bersama masyarakat untuk terus meramaikan, menghidupkan Masjid".

 

Komentar atas Menjaga Tradisi, Puluhan Pemuda Takbiran di Masjid Fathul Huda Mangir Semalaman.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License