Estetiknya Busana Hasil Daur Ulang Sampah Koran dan Plastik

Musafa 25 Juli 2024 10:33:02 WIB

Di tangan kreatif Galery Daur Ulang Panjangan, sampah koran dan plastik kemasan dapat disulap menjadi busana cantik dan estetik. Busana hasil daur ulang sampah koran dan plastik ini menjadi salah satu karya yang menarik.

Galery Daur Ulang Panjangan adalah salah satu UMKM bergerak di bidang konveksi, namun dengan bahan limbah kertas Koran dan plastik sampah yang di daur ulang. Sehingga bisa menjadi produk yang bisa bernilai jual tinggi. Di samping itu bisa mengurangi limbah sampah dan menciptakan lingkungan yang bersih, serta menciptakan lapangan kerja baru.

Ide kreasi awalnya berangkat dari adanya sampah yang laku dijual dan ada yang tidak laku dijual. Sehingga untuk jenis sampah yang tidak laku dijual, dimanfaatkan menjadi beragam kerajinan daur ulang.

“Macam-macam, ada tas, dompet dan lain-lain. Salah satunya juga baju daur ulang. Di tempat saya kebetulan, baju daur ulang sudah dijual secara online.

Awalnya ia hanya membuat kreasi tas dan dompet namun yang bertanya sehingga memutuskan untuk mencoba membuat satu baju daur ulang untuk keperluan lomba di sekolah yang berhasil mendapat juara pada saat itu.

Bahan yang digunakan adalah limbah Koran, sampah ‘kresek’ karena mudah didapatkan. Kemudian terus mencoba. Banyak untuk acara bank sampah Panjangan.

Proses awal pembuatannya sekitar dua minggu dari proses pemilahan, pencucian, pengeringan hingga pembuatan yang dikerjakan oleh tiga orang.

“Harapannya kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap masalah sampah bisa semakin meningkat karena saat ini masih banyak yang kurang peduli dengan sampah. Padahal kalau kita peduli sedikit saja, bisa bermanfaat buat kita,” (syafak.)

 

Dokumen Lampiran : Estetiknya Busana Hasil Daur Ulang Sampah Koran dan Plastik


Komentar atas Estetiknya Busana Hasil Daur Ulang Sampah Koran dan Plastik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License