Jemput Bola Perekaman E-KTP dan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)

Rohmadi 16 Februari 2024 08:53:00 WIB

Kamis, (08/02/2024) Disdukcapil Bantul lakukan jemput bola perekaman E-KTP dan aktivasi identitas kependudukan digital (IKD) di Kalurahan Sendangsari.
Kegiatan ini merupakan bentuk percepatan Disdukcapil Bantul dalam pemuktahiran data kependudukan dan untuk menyasar para pemilih pemula yang belum melakukan perekaman E-KTP.

Sedangkan IKD merupakan sebuah inovasi data kependudukan berbasis aplikasi digital yang dapat diakses melalui melalui smartphone. IKD disebut memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya meningkatkan pemanfaatan digitalisasi kependudukan, mempermudah pelayanan publik, hingga mencegah pemalsuan dan kebocoran data.

Selain berfungsi sebagai pembuktian identitas pribadi dalam format digital, aplikasi IKD juga dilengkapi dengan fitur-fitur, seperti data keluarga, dokumen, tanda tangan elektronik, pelayanan, pemantauan pelayanan, dan lainnya.

Soal keamanan, aplikasi IKD dilengkapi dengan fitur pencegahan tangkap layar yang bisa meminimalkan risiko penyalahgunaan informasi.

Selain itu, dengan memiliki IKD masyarakat nantinya tidak perlu lagi mencetak serta menyimpan e-KTP dalam bentuk fisik, melainkan sudah tersemat di smartphone masing-masing.

Aplikasi tersebut dapat didownload di Google Play atau App Store.

Komentar atas Jemput Bola Perekaman E-KTP dan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License