Desa Wisata Krebet

pepen 18 Oktober 2023 15:09:17 WIB

Desa Wisata Krebet terletak di Dusun Krebet, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayah tersebut berada kurang lebih 18 km dari pusat kota Yogyakarta dan kurang lebih tujuh km dari pusat kota Bantul. Desa Wisata Krebet berada di perbukitan kapur Pajangan, dengan luas wilayah 104 hektar dengan penduduk ± 905 jiwa yang terdiri atas ladang, pekarangan, pemukiman warga, jalan dan irigasi serta terdiri dari lima rukun tetangga (RT) wilayah RT 01 sampai RT 05. Berbatasan dengan Dusun Dadabong dan Dusun Pringgading di sebelah timur, di sebelah selatan berbatasan dengan Dusun Dadabong dan Dusun Kabrokan Wetan, wilayah barat berbatasan dengan Dusun Petung dan Dusun Butuh Lor dan di sebelah utara berbatasan langsung dengan Dusun Kaliasem Bangunjiwo Kasihan.

Kegiatan membatik merupakan kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh sebagian besar warga krebet. 
Komoditas batik kayu produksi Desa Wisata Krebet sudah menjangkau skala nasional dan internasional. Batik kayu saat ini menjadi andalan di Desa Wisata Krebet.

Wisatawan yang berkunjung juga dapat mengikuti aktivitas belajar membatik dengan datang langsung ke galeri perajin yang ada, ataupun melalui pengelola desa wisata. Untuk mengikuti kegiatan ini wisatawan hanya perlu membayar sebesar Rp 30.000 hingga Rp 85.000, menyesuaikan ukuran kayu ukir yang dibatik. Fasilitas yang didapatkan oleh pengunjung yaitu, media batik seperti topeng atau wayang, canting, kompor beserta lilin, celemek pelindung, peralatan membatik lainya. Selain peralatan membatik peserta juga mendapatkan fasilitas lain seperti obat-obatan keselamatan, snack, serta minuman legen. Setelah selesai kegiatan belajar membatik, wisatawan dapan membawa pulang hasilnya.

Dengan adanya pariwisata di krebet ini juga memberikan dampak positif di sektor ekonomi masyarakat krebet seperti menawarkan penginapan atau homestay.

Komentar atas Desa Wisata Krebet

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License