Selamat memperingati Hari Koperasi ke-75 tahun 2022

Rohmadi 12 Juli 2022 14:41:11 WIB

Sendangsari - Sejarah koperasi Indonesia dimulai pada tahun 1886 ketika Pamon Prajapati R. Ariawillia Atmaya mendirikan bank untuk pegawai negeri sipil (Priyayi) di Purwokerto. Dia mendirikan bank untuk membantu karyawan yang semakin menderita karena tertangkap oleh rentenir yang mengeluarkan pinjaman berbunga tinggi. Cita-cita Patih dikembangkan oleh De WolfVan Westerrode, seorang asisten yang berbasis di Belanda. Dia mengusulkan untuk mengubah bank menjadi koperasi.


Kemudian pada tahun 1908, Radin Soetomo mendirikan Perhimpunan Budi Utomo untuk mendayagunakan sektor koperasi untuk kepentingan masyarakat miskin. Dimulai dari industri kecil dan kerajinan, DPRD Budi Utomo juga melakukan pembenahan dengan meningkatkan kecerdasan masyarakat Yogyakarta.
Hukum koperasi pertama, "Verordening Op De Cooperatieve Vereeniging," diterbitkan pada tahun 1915. Kedengarannya sama dengan hukum rakyat Indonesia, dan anggaran dasar koperasi ditulis dalam bahasa Belanda dan harus disiapkan sebelumnya. Notaris.


Pada tahun 1927, Persatuan Islam didirikan dengan tujuan memperjuangkan status ekonomi pengusaha pribumi. Pendirian Partai Nasional Indonesia pada tahun 1929 bertujuan untuk menyebarkan semangat koperasi di Indonesia. Perkembangan koperasi di Indonesia tidak selalu mulus, dan pada tahun 1933 disahkan Undang-Undang No. 431, dan koperasi ditutup.


Ketika Jepang menduduki Indonesia pada tahun 1942, Jepang mendirikan Koperasi Kuniya. Awalnya, kerja sama ini berhasil. Namun, fungsinya berubah drastis dan menjadi alat Jepang yang menguntungkan dan menyebalkan bagi masyarakat Indonesia.


Pada tanggal 12 Juli 1947, Pemerintah Indonesia mengadakan rapat koperasi yang pertama di Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebagai hasil dari pertemuan ini, beberapa keputusan penting dibuat. Yakni, pembentukan Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia Pusat (SOKRI), pembentukan gotong royong sebagai prinsip koperasi, dan penetapan Hari Koperasi pada 12 Juli.

Selamat memperingati Hari Koperasi ke-75 tahun 2022. 

Source :

Tahukah Sobat SMP, Sejarah Koperasi di Indonesia? - Direktorat SMP (kemdikbud.go.id)

Komentar atas Selamat memperingati Hari Koperasi ke-75 tahun 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Lestari Budaya

Desa Wisata Krebet

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Selamat Jalan Bp. Muh. Irwan S, S.T

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License