Sosialisasi Potensi Ecoprint Sebagai UMKM oleh KKN PPM UGM

jihan 06 Februari 2021 12:59:09 WIB

Keberadaan UMKM di Dusun Panjangan masih sangat minim. Ecoprinting menjadi salah satu potensi yang menjanjikan karena nilai ekonomisnya tinggi. Popularitas batik ecoprint meningkat pesat di Indonesia pada tahun 2017. Batik ecoprint ini dapat dijadikan tren gaya hidup masyarakat ramah lingkungan karena batik ecoprint menggunakan bahan dedaunan dan bunga yang berasal dari alam dan sama sekali tidak menggunakan bahan kimia.Teknik ecoprint merupakan suatu proses menstranfer warna dan bentuk secara langsung pada kain. Teknik ecoprint digunakan untuk menghias permukaan suatu kain dengan berbagai macam bentuk dan warna (pewarnaan) yang dihasilkan dari bahan alam. Teknik ecoprint menggunakan bahan alam tumbuhan berupa daun, batang, bunga, ataupun buah sehingga tercipta motif dengan bentuk-bentuk dari alam. Terdapat 2 teknik dalam pembuatan produk ecoprint yakni teknik pounding dan teknik kukus. 

Pada tanggal 12 Januari 2021, KKN PPM UGM mengadakan sosialisasi mengenai ecoprint yang meliputi pengertian, contoh produk, cara pembuatan dengan teknik pounding, dan potensi ekonomi produk ecoprint. Sosialisasi diadakan secara daring dengan memanfaatkan media sosial yang digunakan masyarakat, contohnya Whatsapp. Sosialisasi dilakukan dalam lingkup warga masyarakat Padukuhan Panjangan. Dengan diadakan sosialisasi ini, diharapkan informasi mengenai ecoprint ini dapat tersampaikan dan ada warga yang membuat UMKM berbasis produk ecoprint sehingga akan meningkatkan taraf perekonomian. 

 

Dokumen Lampiran : Booklet Ecoprinting


Komentar atas Sosialisasi Potensi Ecoprint Sebagai UMKM oleh KKN PPM UGM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Wiwit Agung Desa Sendangsari

Pengambilan Sumpah Jabatan Pamong Baru, 2017

Visi Misi Lurah Desa Sendangsari

Mars Sendangsari

Pengumuman

...web ini masih terus kami kembangkan, sila kritik dan saran diberikan kepada kami....

Kalender

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License