Upacara Adat Jamasan Selo Gilang Ki Ageng Mangir Wanabaya

Rohmadi 10 Agustus 2022 16:02:06 WIB

Sendangsari - Warga Padukuhan Mangir akan menyelenggarakan Jamasan Selo Gilang Ki Ageng Mangir Wanabaya pada Kamis, 11 Agustus 2022 di Petilasan Ki Ageng Mangir. Kalurahan Sendangsari yang berstatus sebagai Kalurahan Budaya memiliki 3 agenda Kebudayaan yang harus dilaksanakan pada tahun 2022 diantaranya Pentas Budaya di Bandara YIA Kulon Progo, Upacara Adat, dan Pentas Selasa Wage.

Jamasan Selo Gilang merupakan salah satu kegiatan upacara adat yang diangkat oleh Kalurahan Budaya Sendangsari sebagai kegiatan budaya yang di danai dengan menggunakan anggaran Dana Keistimewaan Yogyakarta. Jamasan Selo Gilang adalah kegiatan mensucikan Batu Gilang yang ada di Mangir. Konon, batu gilang ini adalah batu dampar (tempat semedi) Ki Ageng Mangir dari Ki Ageng Mangir I hingga Ki Ageng Mangir IV. "Air yang dipakai untuk mensucikan batu ini diambil dari 7 sumber mata air dan diambil oleh 7 pemuda perjaka dalam Prosesi" Ngangsu Toya Suci.

Susunan kegiatan budaya yang akan dilaksanakan yaitu Kirab Budaya, Umbul Doa Pujo Basuki, dan kegiatan diakhiri dengan upacara adat Jamasan Selo Gilang. Kegiatan ini terlaksana atas dukungan dari Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta beserta swadaya masyarakat Mangir.

Komentar atas Upacara Adat Jamasan Selo Gilang Ki Ageng Mangir Wanabaya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KIRAB BUDAYA

Desa Wisata Mangir

Subscribe Chanel Youtube Desa Sendangsari Bantul

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License